pesan

Saturday, January 22, 2011

BUMI SEOLAH BERPUTAR KENCANG

Ketidakseimbangan saraf merespons benda di sekitar menimbulkan gejala berupa berputarnya objek sekitar. secara harfiah vertigo merupakan perasaan seolah-olah bergerak atau benda di sekeliling berputar. umumnya, hal ini disertai kehilangan keseimbangan dan diakhiri mual.

Biasanya menyerang usia di atas 40 tahun di mana tingkat keseimbangannya mulai menurun. vertigo bisa disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak, atau di dalam otaknya sendiri.

Ilustrasinya seperti orang sedang diputar-putar dan mendadak menuju satu objek. vertigo juga bersifat periferal, artinya pencetus lain juga bisa menyebabkan penyakit ini. contohnya seseorang sensitif terhadap wewangian. syaraf penciuman mengirimkan sinyal ke otak dan mengalami ketidakseimbangan.

motion sickness seperti mabuk darat dan laut juga identik dengan vertigo. kasus seperti ini lazim dijumpai, secara klinis motion sickness tidak berbahaya dan biasanya menghilang dengan sendirinya tergantung kondisi tubuh penderita.

ANTISIPASI: Relaksasi mengimbangi ketidakseimbangan

FACTS IN NUMBER:

1. Menurut Vestibular Disorder Association, di Amerika Serikat tiap tahun di keluarkan dana sebesar 1 miliar dolar AS untuk mengatasi vertigo
2. Tidak kurang 202 ribu pasien mengunjungi rumah sakit di AS setiap hari

No comments:

Post a Comment